Gasak Timor Leste, Timnas U-16 Indonesia Raih Tiket Semi Final Piala AFF U-16

Gasak Timor Leste, Timnas U-16 Indonesia Raih Tiket Semi Final Piala AFF U-16

Tim nasional U-16 Indonesia memastikan tiket semi final Piala AFF U-16 2018. Hal ini diketahui usai memetik kemenangan atas Timor Leste di pertandingan keempat penyisihan Grup A. Bermain di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (04/08/2018), Indonesia menang tiga gol tanpa balas. Tiga gol tuan rumah masing-masing dicetak oleh Bagus Kahfi di menit ke-48 dan 80+2, serta Sutan Diego Armando Zico di menit ke-72.

Tambahan tiga poin membuat Indonesia makin kokoh di puncak klasemen sementara dengan raihan poin sempurna, 12 poin dari empat pertandingan yang telah dijalani. Skuad Garuda Muda unggul tiga poin dari Vietnam dan Myanmar. Meski perolehan poin Indonesia bisa dikejar para pesaing, dengan menyisahkan satu pertandingan posisi Indonesia sudah aman ke semi final. Ditambah lagi Vietnam dan Myanmar akan saling berhadapan di pertandingan pamungkas.

Pertandingan terakhir akan juga menjadi penentu juara grup. Selain pertemuan Vietnam dan Myanmar, Indonesia akan melakoni laga penghabisan penyisihan grup menghadapi Kamboja. Hasil imbang di pertandingan terakhir ini sudah cukup bagi tuan rumah mengunci posisi puncak klasemen Grup A.

Indonesia langsung menekan sejak menit awal. Dengan formasi terbaik yang diturunkan pelatih Fakhri Husaini, Merah Putih langsung menggebrak. Namun tidak mudah bagi tuan rumah membobol gawang Timor Leste. Pertahanan rapat tim besutan Joao M da S Araujo membuat beberapa upaya dari Bagus Kahfi tak berbuah manis.

Selain itu Bagus kurang tenang dalam memanfaatkan peluang. Sepanjang babak pertama, terutama di 15 menti awal pertandingan, ia dua kali berada dalam posisi satu lawan satu dengan kiper Timor Leste, Marcio. Namun sayang kedua kesempatan itu terbuang karena gagalnya sentuhan akhir Bagus. Kedua tim mengakhiri babak pertama tanpa gol.

Situasi baru berubah di babak kedua. Dari beberapa peluang yang dimiliki, tuan rumah akhirnya mampu memecah kebuntuan. Diawali pada menit ke-49, saat Bagus Kahfi menuntaskan umpan silang M Salman. Menit ke-72 giliran Sutan Zico. Gol ini lahir dari umpan mendatar Bagus Kahfi yang menyasar kotak penalti Timor Leste. Indonesia akhirnya menutup pertandingan dengan kemenangan tiga gol tanpa balas setelah Bagus Kahfi mencetak gol indah menjelang akhir pertandingan.

Susunan pemain timnas Indonesia U-16 versus timnas Timor Leste U-16:

Timnas U-16 Indonesia: Ernando; Kartika Vedhayanto, Fadilah Nur Rahman, Komang Teguh, Salman Alfarid; Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah, David Maulana; Yadi Mulyadi, Bagus Kahfi, Hamsa Lestaluhu

Pelatih: Fakhri Husaini

Timnas U-16 Timor Leste: Marcio; Bovia, Jaimito A, Jovito M, Oscar Dos Santos; Aldo A, Kay Gusmao, Zinedine; F. Da Costa, Joel C, Alto Da Silva

Pelatih: Joao M da S Araujo

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *