Barca Perlu Dana Besar Untuk Pengganti Neymar

Barca Perlu Dana Besar Untuk Pengganti Neymar

Meskipun dulu klub raksasa Liga Spanyol menjual Neymar dengan bayaran termahal. Kini Barcelona harus merogoh kas lebih besar untuk mencari penggantinya. Sampai sekarang ini sudah 400 juta euro total uang kas yang dikeluarkan Los Cules selama setahun ini. Neymar mencuri headline pada transfer musim panas tahun lalu dengan nilai pembelian oleh Paris St-German sebesar 222 juta euro. Dan menjadikan pemain termahal dunia pada tahun 2017 lalu. Sebuah pukulan telak untuk Barca mengingat bila dia merupakan andalan lini depan bersamaan Luis Suarez dan Lionel Messi.

Jadi sangat wajar bila Barcelona cukup panic setelah kepergian Neymar Junior dan mencoba mendekati beberapa pemain top musim ini. Namun, yang paling pertama didatangkan adalah Ousmane Demble yang berhasil dibeli dengan harga 105 juta euro yang bisa saja bertambah hingga 40 juta euro. Pasca Dembele, Barcelona juga berhasil mendapatkan Paulinho dari Guangzhou Evergrande dengan nilai pembelian 40 juta euro. Selanjutnya Gerard Deulofeu dengan nilai beli 12 juta euro. Lalu pembelian ditutup pada bulan Januari saat memboyong Philippe Coutinho dengan harga pembelian 160 juta euro, ditambah dengan Yerry Mina sebesar 11,8 juta euro.

Nilai transfer besar dari penjualan Neymar itu telah mengubah 180’ bursa pemain di berbagai tempat. Dimana semua harga-harga pemain mengalami pelonjakan drastic. Dari itulah yang telah dirasakan Barca musim panas ini, ketika ingin mereka menghabiskan 41 juta euro + 1 juta euro untuk membawa Malcom dan Bordeaux. Pada sebelumnya, Barca juga diberitakan telah membeli Arthur dengan nilai 31 juta euro ditambah 9 juta euro bahkan menembus bek Sevilla Clement Lenglet dengan nilai 39,5 juta euro. Dari semua pembelian Barcelona tersebut sudah tercatat mencapai lebih dari 400 juta euro, atau dalam kurs nilai rupiah sekitar 5,7 Triliun yang dikucurkan pasca kepergian dari Neymar da Silva Junior.

Walaupun begitu, Barcelona tidak tinggal diam dalam menemukan uang pengganti transfer dari para pemain pengganti tersebut. Hal tersebut dikarenekan mereka juga melepas beberapa pemainnya yang tidak terpakai. Pemain yang dikembalikan lagi ke Evegrande adalah Paulinho yang baru dibandrol dengan nilai 50 juta euro, masih untung 10 juta euro dari saat didatangkan. Sedangkan Javier Mascherano, Gerard Deulofeu dan Cristian Tello juga dijual dengan total penjualan 22,5 juta euro. Artinya, sejak kepergian Neymar, Barca total mendapatkan 244,5 jura euro atau hanya sekitar Rp 4,1 Triliun.

Hingga saat ini, Barcelona masih harus mencari tambahan dana sekitar Rp 1 T untuk menutupi pembelian mereka selama satu tahun ini. Dan lagi Barcelona masihi harus membeli sejumlah pemain seperti Andrien Rabiot, Aleksandr Golovin, dan Frenkie de Jong guna melengkapi skuat Ernesto Valverde.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *