Timnas U-18 Indonesia Menang Telak di Laga Pertama Piala AFF U-18

Timnas U-18 Indonesia Menang Telak di Laga Pertama Piala AFF U-18

Tim nasional U-18 Indonesia mencatatkan hasil gemilang di laga awal penyisihan grup A Piala AFF U-18 2019. Menghadapi timnas U-18 Filipina di Stadion Binh Duong 2, Vietnam pada Selasa, 6 Agustus 2019 sore WIB, skuad Garuda Muda menang dengan skor telak 7-1.

Tujuh gol Indonesia masing-masing disumbangkan oleh Bagus Kahfi di menit ke-16 dan 24, Supriadi di menit ke-78 dan 90+1, serta satu gol dari Sutan Zico di menit ketiga, Fajar Fathur Rachman di menit ke-15, dan David Maulana di menit ke-43. Sementara itu gol semata wayang Filipina dicetak oleh Alimar Job Ambong di menit ke-66.

Kemenangan telak ini mengantar Indonesia ke puncak klasemen sementara dengan raihan total tiga poin. Indonesia unggul selisih gol atas Timor Leste yang mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor 7-2 dan Myanmar di posisi ketiga yang menumbangkan Laos dengan skor 3-1. Sementara itu Filipina menghuni dasar klasemen.

Meski memetik kemenangan telak, pelatih Indonesia, Fakhri Husaini tetap memberikan evaluasi atas performa anak asuhnya. Evaluasi itu terkait satu-satunya gol Filipina ke gawang Indonesia. Ia menilai mereka seharusnya tidak kebobolan bila mampu menjaga konsentrasi dan fokus.

 “Tentu masih ada yang harus di evaluasi (dari permainan Timnas Indonesia U-18). Terutama satu gol ke gawang kami. Itu tidak akan terjadi kalau mereka tetap fokus dan konsentrasi di sepanjang pertandingan,” beber Fakhri.

Sebelum itu mantan pemain timnas Indonesia ini mengeluhkan kondisi lapangan pertandingan. Fakhri menyebut stadion tersebut tidak layak karena berbahaya bagi keselamatan para pemain.

“AFF harus meninjau kembali lapangan pertandingan untuk babak penyisihan grup A. Setelah saya dan tim melihat lapangan, menurut kami kondisinya tidak layak terutama menyangkut aspek keselamatan pemain. Selain lebar lapangan tidak ideal, sisi kiri dan kanan lapangan kemiringannya juga tidak ideal, dan garis pinggir lapangan terlalu dekat dengan pagar kawat,” tandas Fakhri.

Untuk itu sebelum turnamen ini digelar ia meminta kepada panitia dan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) untuk memindahkan pertandingan penyisihan grup ke lapangan lain yang memenuhi standar.

“Kami berharap panitia dan AFF dapat memindahkan pertandingan penyisihan Grup A yang dilaksanakan di lapangan Binh Duong 2 ke lapangan yang lebih layak yang memenuhi standar termasuk standar keselamatan pemain,” tegasnya.

Susunan pemain timnas U-18 Indonesia versus timnas U-18 Filipina:

Indonesia : 21-Ernando Ari Sutaryadi; 2-Bagas Kaffa, 15-Muhammad Salman, 23-Rizky Ridho, 19-Alfeandra Dewangga, 14-Muhammad Fajar Fathur; 18-Brylian Aldama, 6-David Maulana, 7-Beckham Putra Nugraha; 20-Bagus Kahfi, 9-Sutan Zico.

Pelatih: Fakhri Husaini

Filipina: 18-Enrico M A, 23-Eldwin Greg De Torres, 2-Alimar Job, 6-Jacob Francis, 9-Carlo Gaunzo, 10-Raphael Lulgi, 12-Jethro Adriel, 14-Jaime Domingo, 16-Nicolas Art, 19-Samuel, 21-Luis.

Pelatih: Christopher Pedimonte

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *