Alexis Sanchez Wajib Resmi Begabung Dengan MU

Alexis Sanchez Wajib Resmi Begabung Dengan MU

Selepas drama yang terjadi lumayan lama, Alexis Sanchez akhirnya resmi bergabung ke Manchester United. Tentunya ekspetasi besar diberikan pada pemain asal Cile tersebut, terlebih lagi mengingat dirinya bakal memakai nomor 7 yang sangat keramat dalam tubuh United.

Namun yang dikhawatirkan Sanchez bukanlah tren minor yang dialami pemain yang memakai nomor 7 selepas Cristiano Ronaldo. Seperti diketahui sebelumnya kalau setelah Ronaldo memakai nomor 7, semua pemain yang memakai nomor tersebut karirnya langsung padam. Mulai dari Owen sampai Memphis Depay.

Ada tren minor lainnya yang harus diperhatikan dengan benar oleh Sanchez, yakni imengenai karir pemain berkebangsaan Amerika Selatan dalam tubuh United. Mayoritas pemain dari Amerika Selatan tak dapat bertahan lama bermain dengan United.

Meski mempunyai kesan yang korporat, sebetulnya United baru mulai memakai pemain luar Inggris diawal tahun 90-an. Rekrutan United meluas sampai benua lainnya. Pemain asal Amerika Selatan pertama yang didatangkan United adalah Juan Sebastian Veron.

Dalam autobiografinya Sir Alex Ferguson, dia menulis kalau Veron bukanlah pemain buruk. Bahkan Ferguson menyebut kalau Veron adalah pemain yang sangat hebat. Namun masalah budaya dan bahasa-lah yang sangat menyulitkan Veron.

Diberitakan kalau Veron memakai bahasa Inggris pada manager lewat sapaan semata. Selebihnya, Veron tak banyak berbicara. Masalah yang sama juga dialami Setan Merah saat mendatangkan pemain dari Brasil.

Soal budaya dan bahasa yang sangat kental mungkin lantaran pengaruh sejarah dimana nasionalisme adalah poin yang penting di Amerika Serikat. Problem taktikal yang dialami oleh Veron ialah saat dirinya diposisikan menjadi gelandang tengah, dia akan bebas kesana kemari. Tapi Veron tak senang jika diposisikan di sayap. Hal yang sama juga sebetulnya terjadi pada Anderson.

Dan juga kisah mengenai Angelo Henriquez. Sebetulnya Sanchez bukan benar-benar pesepakbola dari Cile pertama yang didatangkan United. Henriquez direkrut United di musim 2012/13.

Dirinya datang dengan status wonderkid di negaranya. Bahkan disebut akan menjadi Ivan Zamorano baru. tapi, sampai akhirnya dijual menuju Dinamo Zagreb pada musim 2015, Henriquez tak pernah satu kalipun membela Setan Merah di pertandingan kompetitif.

Bisa jadi Sanchez tak akan mengalami karir yang sama dengan para pendahulunya. Harus diketahui kalauu para pemain dasri Amerika Selatan yang hadir itu mayoritas baru kali pertama bermain di kawasan Eropa, sedangkan Sanchez telah menghabiskan 10 tahun di Eropa, serta 4 musim diantaranya di Negeri Elizabeth. Adaptasi Sanchez tak akan sesulit para pendahulunya.

Toh, karir Antonio Valencia juga bisa jadi panutan Sanchez. Bagaimana dia yang awalnya bahkan tak bisa berbahasa inggris sama sekali, dapat bertahan selama hampir 1 dekade bersama United, bahkan sampai diberian peran yang besar menjadi kapten tim.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *