Haruskah Harga Ticket SUGBK Akan Naik Lagi?

Haruskah Harga Ticket SUGBK Akan Naik Lagi?

14 Januari 2018 kemarin jadi debut Stadion Geora Bung Karno menghelat pertandingan sepakbola pasca direnovasi. Islandia jadi negara yang beruntung lantaran jadi lawan perdana Indonesia dia stadion bersejarah yang baru saja berubah wajah.

Dalam hal kualitas, SUGBK tak mengecewakan. Presiden Indonesia, Joko Widodo, memuji stadion yang ada di kawasann senayan itu. Dan juga dengan Heimir Halgrimsson selaku pelatih Islandia mengatakan kalau kualitas SUGBK layak disakan dengan beberapa stadion keelas atas Eropa.

Meski begitu, ada satu kritikan yang datang pada PSSI mengenai penyelenggaraan laga perdana di SUGBK setelah direnovasi. Pada pertandingan kontra Islandia ini, harga tiket pertandingan dinilai sangat mahal. Memang, tiket paling murah yang dijual kemarin, pada tribun bagian atas sebesar Rp 100 ribu.

Biasanya, kategori III ini dijual berkisaran Rp 50 ribu sampai Rp 75 ribu saja. Untuk kategori lainnya tentu lebih mahal, dengan tiket VVIP paling maha sebesar Rp 1,5 juta.

Harga yang terlalu mahal ini jadi sasaran kritikan kepada PSSI, meski mereka berkilah kalau biaya sewa GBK memang mengalami kenaikan setelah direnovasi membuat mereka tidak memiliki opsi lain selain menjulangkan harga tiket.

Alasan PSSI sebetulnya wajar saja. Sebab, renovasi GBK sendiri menelan biayas Rp 760 miliar, serta memakan waktu yang sangat lama. Selain itu juga, kualitas kursi, pencahayaan, keamanan, serta fasilitas lainnya memang betul-betul menjadi lebih bagus tentunya memerlukan perawatan yang cukup mahal.

“Kami paham kalau GBK telah menjadi lebih baik setelah direnovasi, dan sekarang sudah berubah menjadi sstadion bertaraf internasional. Perlu komitmen untuk bisa memelihara stadion ini, jadi ini yang menjadi pertimbangan kami untuk dapat melepas harga, misalnya Rp 50 ribu. Ada harga yang akan dibayar, dan tentu masyarakat harus ikut andil untuk bisa menjaga stadion ini,” ungkap Ratu Tisha selaku Sekjen PSSI.

Tapi, PSSI sepertinya kembali melambungkan harga tiket GBK lagi untuk laga timnas selanjutnya.

Di pertandingan menghadapi Islandia lalu, masih cukup banyak suporter yang bandel. Beberapa orang tidak bertanggung jawab itu menduduki single seat baru dengan cara yang tak seharusnya.

Alih-alih menduduki kursi dengan normal, beberapa orang itu memilih duduk pada sandaran kursi serta memijakkan kaki ketempat mereka hasrunya duduk. Tidak hanya itu saja, bahkan ada beberapa diantara mereka yang menginjak kursi yang telah dipercantik dengan biaya yang tidak sedikit.

Ironis memang, sebagian orang berkata bahwa tiket terlampau mahal, tapi beberapa lagi malah menjustifikasi putusan PSSI yang menaikkan harga jual tiket. Tapi intinya ialah, berapapun harga jual tiket masuk ke stadion SUGBK, sidah sepantasnya kita bisa menjaga stadion kebanggaan kita ini dengan sangat baik.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *