Jelang EL Clasico, Produktivitas Barcelona Jauh Lebih Baik

Jelang EL Clasico, Produktivitas Barcelona Jauh Lebih Baik

Pertandingan El Clasico yang mempertemukan Real Madrid menghadapi Barcelona, Sabtu, 23 Desember besok, berpeluang menghadirkan banyak gol. Dari data statistik, pertandingan antara kedua raksasa La Liga tersebut pada 10 pertemuan terkini di kompetisi domestik sudah menciptakan 39 gol, atau hampir 4 gol per pertandingan.

Selain itu juga pada setiap pertandingan antara Madrid lawan Barcelona yang digelar di Santiago Bernabeu pada 3 dekade terakhir, belum ada yang terjadi laga berkahir dengan skor kacamata. Data diatas memperlihatkan betapa produktifnya pertandingan antara Barcelona melawan Real Madrid, apalagi jika laga dihelat di markas Real Madrid.

Tapi pada pertandingan besok, sektor bertahan Madrid wajib waspada saat menghadapi alur serangan Barca yang dikomandoi  oleh Andres Iniesta. Seperti dikutip Marca, lewat produktivitas kedua klub di ajang La Liga musim 2017/18 Barcelona mempunyai serangan yang efisien daripaa Madrid dalam usaha menciptakan gol ke jala lawan.

Dalam 18 laga, Barca melakukan 196 tendangan dengan 42 diantaranya berujung gol. Sedangkan Madrid melakukan 220 tendangan tapi cuma 30 gol yang mampu diciptakan dalam 17 laga yang dijalani. Hal ini berarti, Barca hanya memerlukan rataan 4,7 tendangan untuk menciptaan gol. Sedangkan Madrid memerlukan 7,4 tembakan untuk mencetak gol.

Dari sederet penyerang yang dimiliki oleh tim tamu, sosok Lionel Messi patut mendapatkan perhatian lebih dari para pemain bertahan Madrid. Pemain asal Argentina tersebut sudah menciptakan 14 gol pada 18 laganya di Santiago Bernabeu. Artinya, Messi mempunyai rataan menciptakan 1,2 gol dari setiap pertandingannya di kandang Madrid.

Selain itu juga, Messi menjadi top skor terbanyak di El Clasico, sampai saat ini Messi sukses menciptakan 23 gol, sekaligus mengungguli catatan milik Alfredo di Stafeno yang di sepanjang karirnya bersama Los Blancos menciptakan 19 gol di pertandingan El Clasico, sedangkan Cristiano Ronaldo sampai detik ini baru menciptakan 17 gol saja.

Pada musim  ini, Barca sendiri tampil dengan sangat fantastis di kompetisi domestik. Dalam 16 pertandingan yang telah mereka lewati, 43 gol sudah mereka sarangkan. Jumah itu juga mengungguli Madrid yang hanya menciptakan 30 gol. Terlebih lagi Barcelona yang hanya kemasukan 7 kali, sedangkan Los Blancos sudah kemasukan 12 gol.

Mempunyai tingkat produktivitas yang bisa dikataka jauh lebih baik ketimbang Madrid, tak berarti El Barca langsung jemawa. Tingkat produktivitas tuan rumah memang tak sebagus tim tamu.

Namun, catata performa Madrid di laga El Clasico yang dihelat di Santiago Bernabeu memperlihatkan bahwa Madrid lebih superior. Dalam 94 pertemuan kedua kubu di Bernabeu semenjak musim 1948 silam, Madrid unggul dengan mengoleksi 49 kemenangan, imbang 21 kali, serta 24 kalah. Terakhir kali Barca bertandang ke Bernabeu, mereka juga kalah 2-0.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *